Pertama Kali, KJRI Helat Promosi Terpadu Akbar RI di Shanghai

By Admin

nusakini.com--Selama seminggu penuh, 20 - 26 Mei 2017, kota Shanghai yang merupakan kota terbesar di Tiongkok, akan menyaksikan perhelatan akbar seputar wisata, bisnis, keuangan dan wisata Indonesia. 

Program Konsulat Jenderal RI yang antara lain didukung oleh Kempar RI dan Kadin RI di Tiongkok, Kemdag, BKPM, Kemdikbud, Pusbangfilm, Bekraf RI ini akan menampilkan pesta budaya, fashion show busana, kuliner, festival film, pameran photo tujuan wisata, forum bisnis, investasi dan keuangan, yang semuanya Indonesia. 

Untuk para pelaku bisnis wisata akan disediakan acara Investasi Infrastruktur Wisata Indonesia, Temu Bisnis Agen Wisata Indonesia dan Tiongkok. Para pelaku dunia keuangan RI dan Tiongkok akan bertemu dalam program Financial Seminar yang didukung oleh Bank Indonesia. 

"Semua Program dalam acara Indonesia Week atau InaWeek itu merupakan upaya bersama untuk meraih lebih banyak lagi wisatawan asal kota berpenduduk 24 juta jiwa ini dan juga dari wilayah kerja KJRI Shanghai lainnya," tutur Konsul Jenderal RI di Shanghai, Siti Mauludiah. 

Acara Inaweek ini juga akan dilaksanakan di berbagai tempat bergengsi di kota Shanghai. Acara pameran produk dan pertunjukan budaya Indonesiaa atau Festival Indonesia akan mengambil tempat di Oriental Pearl Tower (OPT), menara bulat di tepi sungai Yangtze yang merupakan ikon Shanghai, kota metropolis berskala dunia ini. 

"Dengan promosi di OPT ini diharapkan para wisman yang berkunjung ke kota Shanghai akan juga berkunjung ke Indonesia" ujar Siti lebih lanjut. 

Kegiatan fashion show yang menampilkan karya perancang Indonesia akan mengambil tempat di Yuz Museum, kuliner Indonesia disajikan selama seminggu di Westin Hotel, sedangkan film film mutakhir Indonesia akan tayang di Shanghai Film and Art Centre. 

Kampus di kota Shanghai akan dipenuhi dengan nuansa budaya dan kuliner Indonesia, yang ditampilkan oleh para mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Shanghai yang tergabung dalam Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Tiongkok (Permit) di Shanghai. 

Acara akbar wisata Indonesia di salah satu kota perdagangan terbesar dunia ini baru pertama kalinya diadakan sejak berdirinya KJRI Shanghai di tahun 2012. Kegiatan promosi Indonesia ini melibatkan banyak komponen Indonesia lainnya seperti Bank Mandiri, Garuda Indonesia, Dharma Wanita Shanghai. 

Komunitas Moto moto Indonesia di Shanghai (Komodo) bahkan akan meliput InaWeek 2017 dengan kamera drone nya di area OPT, ikon kota Shanghai. 

"Kerjasama yang boleh dibilang gebrakan Indonesia Incorporated di Shanghai ini tujuan utamanya untuk mendukung pembangunan infrastruktur wisata Indonesia, dan pencapaian target 10 juta wisman Tiongkok ke Indonesia, sebagaimana diamanatkan oleh Bapak Presiden RI," ujar Konjen Siti.​ (p/ab)